S Pink Premium Pointer

Senin, 17 Oktober 2016

Kumpulan Tugas Praktikum 2



Proposal Kegiatan

TUGAS LABORATORIUM PERANGKAT LUNAK
PENGANTAR ILMU KOMPUTER
PROPOSAL KEGIATAN
“BUTIK BATIKKKU”




DISUSUN OLEH :
IRMAYANTI
H12116304
PIK_0140
STATISTIKA



FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS HASANUDDIN
2016TUGAS LABORATORIUM PERANGKAT LUNAK
PENGANTAR ILMU KOMPUTER
PROPOSAL KEGIATAN
“BUTIK BATIKKKU”



DISUSUN OLEH :
IRMAYANTI
H12116304
PIK_0140
STATISTIKA



FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS HASANUDDIN
2016







BAB I
Pendahuluan

1.1  Latar Belakang
Pada era globalisasi ini kebutuhan manusia akan semakin meningkat dan mengalami perubahan selera dari waktu ke waktu. Begitu pula kebutuhan akan sandang, pasti akan mengalami perubahan selera yang mengikuti mode terkini yang cenderung berkiblat pada budaya barat. Hal ini tentu dialami oleh sebagian besar orang, terutama kaum wanita yang tinggal di daerah perkotaan yang setiap harinya dituntut untuk berpenampilan cantik dan menarik.
Untuk itulah kami berinisiatif untuk mengembangkan bakat saya di dunia fashion styles dengan mendirikan sebuah butik baju-batik yang dilengkapi gaya gaya muslimah, agar setiap wanita Indonesia dapat tetap terlihat cantik alami sekaligus mempertahankan budaya bangsa dengan mengenakan baju berbahan batik dengan gaya yang modern dan syar’i

1.2  Visi
Mewujudkan wanita Indonesia yang berbudaya muslimah namun tetap modern. Serta mendapatkan keuntungan yang besar dari penjualan baju-baju yang didesain sendiri dengan inovasi yang berbeda.

1.3  Misi
a.       Merancang busana muslimah bergaya modern dengan bahan utama kain batik
b.      Merancang aksesoris yang bermotif batik 

1.4  Alasan dan Tujuan Bisnis
Tujuan kami mendirikan usaha bisnis ini adalah memperkenalkan budaya batik kepada wanita muslimah Indonesia agar wanita Indonesia dapat mencintai budaya sendiri tanpa harus ketinggalan zaman. Alasan kami mendirikan usaha bisnis ini adalah karena sebagian besar wanita Indonesia khususnya di daerah perkotaan saat ini lebih menyukai gaya yang berkiblat pada budaya barat. Oleh karena itulah kami berusaha membangkitkan kembali gairah berbudaya wanita Indonesia dengan mengenakan busana batik muslimah yang modern.

1.5  Konsep Promosi
Mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga menjalin kerja sama dengan kenalan lain, untuk di promosikan ke tempat tinggalnya.

1.6  Target Pelanggan
Target pelanggan usaha ini adalah Semua kalangan,baik remaja maupun para ibu rumah tangga.







BAB II
DESKRIPSI USAHA

2.1. Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan baju muslimah dan kerudung serta aksesoris lainnya, Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
• Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
• Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang up to date

2.2. Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat. Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
• Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
• Kualitas produk terjamin
• Sesuai dengan selera masyarakat

2.3. Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup usaha ini memang sengaja dibuat di Jl. Pendidikan Kecamatan Wonomulyo karena melihat lokasi yang agak jauh dari pasar, dan mayoritas penduduknya menggunakan kerudung dalam kesehariannya, serta kurang mengenal model yang up to date . Maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk masyarakat di Kecamatan Wonomulyo yaitu dengan membuka usaha ini, dengan adanya usaha ini masyarakat bisa dengan mudah membeli baju atau busana muslim tanpa jauh-jauh pergi ke pasar , dan bisa mengenal model-model baju atau kerudung yang up to date. Tentunya harga juga disesuaikan dengan pangsa pasar yang ada .

2.4 Struktur Organisasi
            Ketua              : Irmayanti
            Sekretaris        : Andi Riska Kina
            Bendahara       : Ratmila
a.       Koordinator Pemasaran    : Windi Mawardani
                                        Herna
                                        St. Musdalifah
                                        Sarina
b.      Koordinator Produksi       : Rudi Hamadi (Koordinator)
 Suandi
 Muh Arfai Hasan
 Yogi Prawitno
c.       Koordinator Administrasi : Nabilah Salsa Umairah (Koordinator)
Muhammad Tasbih
Nurul Fauziah
Budhi Perwira Bhakti
           


BAB III
RENCANA USAHA

3.1. Proses Produksi
Proses produksi yang kami jalankan:
3.1.1. Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari pasar besar dan relasi dari butik dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak pendiri usaha maupun konsumen yang membelinya.

3.1.2.  Proses Produksi kreasi sendiri
            Untuk proses jilbab yang akan kami jual yaitu dengan membeli kerudung jadi, paris polos, pasmina dan jilbab polos yang lain, Setelah itu kami membuat desain sesuai model atau gambar yang akan ditempel di kerudung atau jilbab. Kemudian tinggal menempelkan manik-manik atau hiasan hijab pada gambar atau design yang telah kita buat. Yang terpenting dalam perawatan yakni hindari pencucian dengan menggunakan mesin cuci atau merendam terlalu lama.

3.2 Lokasi Usaha
Alamat               : Jl. Pendidikan No. 27 Kec. Wonomulyo, Polewali
Telepon/fax        : 021-26002098
E-mail                : irmayantif61@gmail.com
Facebook           : Butik Batikku
Line                   : @bubatku

3.3 Jam Kerja Perusahaan
Senin-Jumat                : pukul 10.00-pukul 20.00
Sabtu-Minggu             : pukul 08.00-pukul 21.00
3.4 Modal Usaha
Arus Kas
                                i. Pengeluaran
Kain batik                                                       Rp.20.000.000,-
                        45 Patung manekin                                         Rp.4.000.000,-
                        4 AC                                                               Rp.12.000.000,-
                        2 sofa                                                              Rp.2.500.000,-
2 Televisi                                                         Rp.3.000.000,-
                        4 Karpet Permadani                                        Rp.1.500.000,-
                        Lemari Baju                                                    Rp.5.000.000,-
                        1 komputer kasir                                             Rp.3.500.000,-
                        Aksesoris Batik                                               Rp.5.000.000,-
                        Renovasi bangunan                                         Rp.35.000.000,-
                        Beban TAL                                                     Rp.1.000.000,-
                        TOTAL                                                           Rp92.500.000,-                               
                              ii. Pemasukan
Pendapatan belum dapat ditentukan karena usaha ini belum berjalan dan masih pada tahap perencanaan.

3.5 Sumber Dana
Tabungan Pribadi                                                          Rp.50.000.000,-
Dana lain lain                                                                 Rp.45.000.000,-
TOTAL                                                                          Rp.95.000.000,-

3.6 Analisis SWOT

Internal
Kekuatan
Kelemahan
Peluang
Ancaman
· Fasilitas yang  nyaman dan memadai 
· Tenaga kerja   ahli yang telaten
· Manajemen yang teratur
· Senantiasa melakukan inovasi terbaru dalam mendesain pakaian
·    Pengalaman dalam mengelola perusahaan masih sangat terbatas
·      Banyak budaya barat yang dapat menekan ide kreatif dalam mendesain pakaian
·   Suasana butik yang nyaman dapat membuat pengunjung nyaman pula
·      Adanya fasilitas perawatan kecantikan alami
·   Integritas karyawan yang belum dapat dikenal secara baik
Eksternal
Kekuatan
Kelemahan
Peluang
Ancaman
·  Lokasi strategis
·  Mendapat dukungan yang baik dari masyarakat sekitar
·  Kurang populernya bahan batik di kalangan masyarakat
·  Banyak pakaian produk luar negeri yang jauh lebih populer dan sudah lama menjadi favorit masyarakat
· Adanya peningkatan   permintaan dari masyarakat yang mulai menyadari pentingnya mempertahankan budaya dengan berbusana batik
·  Banyaknya butik di sekitar lokasi BUTIK BATIKku
·   Terjadinya krisis financial yang dapat menurunkan daya beli masyarakat

3.7 Perencanaan Taktis
Berikut ini adalah perencanaan taktis yang akan dilakukan:
·         Melakukan promosi melalui media cetak maupun online.
·         Memberikan pengarahan kepada pegawai agar memiliki kinerja yang profesional.
·         Menyortir setiap bahan baku kain batik yang masuk.
·         Mendesain baju dengan model terkini.
·         Memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen.




BAB IV
PENUTUP

4.1. Kesimpulan
            Kelayakan suatu usaha dapat dilihat dari berbagai macam aspek. Aspek-aspek tersebut saling berkaitan karena  saling mendukung untuk keberlangsungan usaha yang dijalankan. Yang lebih penting adalah dukungan biaya operasional untuk menjalankan usaha tersebut. Sebuah usaha didirikan untuk mencapai tujuannya yaitu memberikan  manfaat  secara maksimal kepada pemilik usaha. Jika usaha tersebut telah memberikan manfaat maka usaha tersebut layak untuk dijalankan. Beberapa indikator  yang digunakan untuk mengetahui kelayakan usaha antara lain adalah kelayakan dari aspek teknis dan teknologi, pasar dan pemasaran serta keuangan. Aspek keuangan dihitung berdasarkan nilai Payback Period (PP) Net, Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), dan Profitability Index (PI). Beberapa indikator aspek keuangan tersebut merupakan penghitungan berdasarkan nilai waktu.

4.2. Saran
1.   Mengoptimalkan pelayanan kepada konsumen dengan sebaik-baiknya.
2.   Memperluas pemasaran dengan banyak membuka cabang.
3.   Menambah barang yang lebih beragam dan tentunya up to date.
4.   Mengamati perkembangan dunia fashion baik nasional ataupun internasional.

Amplop dan Surat Permohonan



Nomor                        : 01/BUTIKBATIKKU./I/2016                     Wonomulyo, 29 September 2016
Lampiran       : 1 (satu) Proposal
Hal                              : Surat permohonan dana

Kepada Yth.
PT RESKI LAIFASTO
Di
Perumahan griya indah permai Blok 18D

Dengan hormat,
Dalam rangka mengawali rencana bisnis kami yang bergerak di bidang fashion. Kami, selaku pemilik usaha kuliner BUTIK BATIKKU hendak mengembangkan usaha kami dalam  mengolah  dan berkreasi dalam hal fashion muslimah. BUTIK BATIKKU yang berlokasi di Jl. Pendidikan Kec. Wonomulyo  berencana akan memulai usahanya di awal tahun ini untuk memudahkan masyarakat terutama para kalangan remaja, muslimah dan berbagai golongan masyarakat untuk mengikuti perkembangan dan melestarikan hasil karya bangsa yaitu kain Batik yang disajikan dalam desain modern dan sesuai syariat Islam. Namun demikian kami membutuhkan bantuan dalam bentuk kerjasama investasi modal yang akan kami gunakan untuk menambah beberapa keperluan dalam rancana usaha kami.
Adapun sistem dan biaya yang kami butuhkan terlampir kami sampaikan.

Demikian surat pengajuan kerja sama ini kami sampaikan. Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

Ketua                                                            Sekretaris


                                  Irmayanti                                              Andi Riska Kina



Excel-Data Dosen & Nilai Respon







PowerPoint-Biodata



PowerPoint-Proposal


2 komentar:

 
Irma's Blog Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template